Festival Tanjung Kelayang II Usai, Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020

by -
Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020
Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020
Tari selamat datang saat acara penutupan Senin malam (18/11).

Festival Tanjung Kelayang II Mampu Sedot Wisatawan Datang ke Belitung

travel.belitongekspres.co.id, SIJUK – Pesta kembang api selama kurang lebih 30 menit, menutup semua rangkaian Festival Tanjung Kelayang II 2019, Senin malam (18/11). Acara yang digelar di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang selama empat hari sejak tanggal 14 November 2019 ini, mampu memukau wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di even ini berbagai kegiatan dilaksanakan. Mulai dari Parade Pelangi Budaya, Penampilan Kesenian Belitung, Fashion Show Batik, serta lagu-lagu melayu. Untuk parade budaya, menampilkan hampir seluruh kesenian nusantara. Seperti kesenian Leak dari adat Bali, kesenian Sunda, Kuda Lumping Jawa Timur, dan Barongsai.

Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020
Pembukaan Festival Tanjung Kelayang 2.

Di acara ini juga ada beberapa perlombaan. Seperti lomba Vlog dan kreatifitas bentukan pasir. Pesertanya merupakan warga sekitar, wisatawan lokal dan asing. Tidak hanya itu, untuk meramaikan festival tahunanan ini, panitia juga membuka Job Fair dan menyediakan stand-stand bagi pelaku UMKM.

Ketua PIC Tanjung Kelayang Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Larasati Sedyaningsih, mengatakan, acara tahun ini lebih bervariasi dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, adanya kegiatan Festival Tanjung Kelayang II mampu mendatangkan wisatawan berkunjung ke Belitung. Sebab, sebagian besar pesertanya juga merupakan wisatawan dari luar Belitung. Seperti Papua, Medan hingga Depok.

Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020
Wisatawan asing saat menyaksikan acara Festival Tanjung Kelayang 2.

Dia berharap, tahun 2020 Festival Tanjung Kelayang bisa lebih meriah. Sebab, tahun depan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI), menargetkan wisatawan lebih banyak dibandikan tahun 2019. Oleh karena itu, Kemenpar RI siap mensuport agenda even yang diselenggarakan di Kabupaten Belitung. Yakni mulai dari Januari hingga menjelang akhir musim 2020 tahun depan.

“Kita akan mendukung mulai dari materi hingga promosi. Untuk promosi kita akan lakukan sebelum, sesaat dan sesudah acara. Sehingga wisatawan akan melihat keindahan festival yang diselenggarakan di Belitung,” pungkasnya.

Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020
Atraksi barongsai saat acara Festival Tanjung Kelayang 2.

Dalam kegiatan ini, selain menampilkan kesenian khas Belitung juga ada atraksi dari Papua dan Medan. Bahkan mereka mengaku takjub dengan even tahunan di Negeri Laskar Pelangi. “Dari Jayapura ke Belitung kita menempuh perjalanan selama delapan jam, untuk menyaksikan dan turut partispasi acara ini. Kami tidak menyangka mendapat sambutan antusias dari masyarakat Belitung,” kata Pace peserta dari Papua.

(kin/adv | travel.belitongekspres.co.id)

Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020
Penampilan kesenian Bali dari Dusun Balitung.

Para Pemenang Lomba Vlog

Juara I Selviana Putri – Ganggan Kuliner
Juara II Widianto Yudi – Wastra Belitong
Juara III Lenny Diary – Geosite Tanjung Kelayang
Harapan I Hero Gunung Riting – Rempah Belitong
Harapan II Rosdian Asri Prihanto – Gusong Bugis

 

Sampai Jumpa di Festival Tanjung Kelayang III 2020
Peserta saat membuat kreasi dari pasir.

Pemenang Lomba Kreatifitas Pasir

Juara I Indra Jauhari dkk
Juara II Pundit dkk
Juara III Awaludi dkk
Juara IV Sabil dkk
Juara V Hermanto dkk
Juara VI Iwan dkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *