Hok Tek Che, Kelenteng Yang dibangun Tahun 1868 di Tanjungpandan Ini Berhias Sambut Imlek

by -
Hok Tek Che, Kelenteng Yang dibangun Tahun 1868 di Tanjungpandan Ini Berhias Sambut Imlek

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDANKelenteng Hok Tek Che Tanjungpandan, Belitung melakukan persiapan dengan menghias ruangan kelenteng semenarik mungkin guna menyambut Tahun Baru Imlek 2020. Hal tersebut dikatakan Ketua Pelaksana Harian Kelenteng Hok Tek Che, Akok (63), mengenai kesiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2020.

“Persiapan sudah kami mulai sejak dua hari lalu, dengan memasang lampu dan lampion di sekitar halaman kelenteng ini,” kata Akok saat ditemui belitongekspres.co.id, Rabu (15/01/2020).

Akok mengatakan, panitia perayaan Imlek 2020 kelenteng Hok Tek Che telah melakukan persiapan dengan memasang puluhan lampu dan lampion yang dominan berwarna merah.

Kelenteng yang dibangun pada tahun 1868 tersebut dapat menampung sekitar 300 orang Tionghoa di Belitung, yang akan bersembahyang pada malam pergantian tahun Imlek nanti.

“Yang sembahyang di kelenteng ini pada saat Imlek biasanya bukan hanya masyarakat Tionghoa di sini saja, tetapi para wisatawan juga ramai,” terangnya.

Selanjutnya dia menyebutkan, rangkaian sembahyang dalam menyambut Tahun Baru Imlek akan dimulai pada Jumat (24/1/2020) malam, kemudian dilanjutkan sembahyang pada Sabtu (25/1/2020) keesokan harinya.

“Jumat di tengah malam tersebut dilakukan sembahyang jadi nanti ramai yang datang,” katanya.

Disampaikan Akok, bagi seorang Tioghoa Imlek adalah momentum untuk bersyukur sekaligus mengevaluasi diri sehingga kehidupan dapat lebih baik ke depannya.

“Sekaligus berdoa agar sama-sama bahagia seluruhnya dan bersyukur atas tahun yang telah dilalui sebelumnya,” ujarnya.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *