Jadi Buruan Santap Siang, Citarasa Gangan Mak Weng Pas di Lidah Pengunjung

by -
Jadi Buruan Santap Siang, Citarasa Gangan Mak Weng Pas di Lidah Pengunjung (1)

travel.belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Belum lengkap berkunjung Negeri Laskar Pelangi, Belitung kalau tidak merasakan makan Gangan. Makanan khas melayu ini, paling sering dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

Tidak hanya itu, masakan yang terbuat dari ikan segar ini juga diburu oleh para pekerja pada saat makan siang. Seperti di Rumah Makam (RM) Mak Weng, yang berada di Jalan Kemuning Kompleks Pantai Wisata Tanjungpendam.

Tempat tersebut hampir tak pernah sepi pengunjung. Khususnya saat siang hingga sore hari. Mereka mulai dari wisatawan, instansi dan masyarakat, menikmati masakan yang di tempat tersebut. Pengelola RM Mak Weng Dicky Al Fitri mengatakan, sejak dulu menu favorit yang paling banyak diburu adalah gangan. Sebab, makanan tersebut memiliki perbedaan dengan gangan lainnya.

Jadi Buruan Santap Siang, Citarasa Gangan Mak Weng Pas di Lidah Pengunjung (2)
H Ramansyah beserta Istri Elly Iriani saat menikmati gangan di RM Mak Weng, Senin (6/1/2020) kemarin.

Yakni memiliki citarasa yang khas. Dijelaskan Dicky, awalnya ibunya (Mak Weng) merintis usaha warung makansejak tahun 2000. Yakni di kawasan Tanjungpandan. Saat itu usahanya meningkat drastis lantaran banyak pesanan.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2016 Mak Weng mendapat tawaran untuk membuka lapaknya di area komplet wisata Tanjungpendam. Tanpa pikir panjang akhirnya ia memutuskan untuk berjualan di tempat ini. “Saat itu tempatnya di pojok. Namun, setelah tempat yang sekarang kosong akhirnya kita pindah di tempat yang sekarang,” ujar Dicky Kepada travel.belitongekspres.co.id.

Menurut Dicky, gangan buatan di tempatnya memiliki perbedaan dengan tempat lain. Khususnya dari bumbu racikan. Di RM Mak Weng ada tiga jenis gangan yang dijual. Seperti Gangan Ikan Kakap, Ikan Bulat dan Ketarap. “Untuk harga seporsi Gangan Kakap dan Bulat plus nasi dan lalapan, Mak Weng menjualnya Rp 40 ribu. Sedangkan untuk Gangan Ketarap seporsi plus lalapan harganya Rp 55 ribu,” jelas Dicky.

Selain gangan, di RM Mak Weng juga menjual aneka makanan Indonesia Food. Seperti Nasi Goreng, Mie Goreng, Kwetiau alias Pampi, hingga Sop Iga yang memiliki kuah kental. Serta aneka seafood semacam Ikan Bakar dan Cumi Goreng Tepung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *