Jelang Tahun Baru, Hunian Hotel-Hotel di Belitung Baru Terisi 50 Persen

by -
Jelang Tahun Baru, Hunian Hotel-Hotel di Belitung Baru Terisi 50 Persen
Salah satu bagian dari Grand Hatika Hotel Belitung

travel.belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – H-1 Jelang tahun baru 2020, kondisi hotel di Kabupaten Belitung masih relatif sepi. Bahkan saat ini kamar yang terisi baru 50 persen di hotel-hotel yang ada di Belitung. Seperti di Grand Hatika, Santika Premiere Belitung, Bahamas dan BW Suite.

Belum diketahui pasti penyebab utama sepi hunian hotel-hotel tersebut. Namun berdasarkan pengakuan pengelola sejumlah hotel, sepinya pengunjung disebabkannya mahalnya harga tiket pesawat pada awal tahun 2019.

Marketing Manager Grand Hatika Wahyudi Wirayuda mengatakan, menjelang tahun baru belum ada lonjakan di hotel yang berada di depan Pantai Wisata Tanjungpendam ini. Kamar yang terisi masih sekitar 50 persen.

Padahal menjelang tahun baru, Grand Hatika Hotel masih berada di kisaran Rp 800 ribu hingga Rp 500 ribu permalam. Akan tetapi hingga kemarin, hotel yang berada di kawasan Tanjungpandan ini masih belum 100 persen terisi.

Hal tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk meramaikan acara, Grand Hatika menggelar kegiatan bertema “Diner Party Festival”. Yang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB hingga 00.00 WIB. “Untuk kamar yang terisi sekitar 50 persen. Dan harga tidak ada kenaikan masih stabil,” kata Wirayudha kepada travel.belitongekspres.co.id.

Sementara itu F&B Manager Santika Premiere Belitung Hendra Aldrian mengatakan, menjelang acara pergantian tahun di Belitung hotelnya belum banyak terisi. Apalagi besok Santika akan menggelar acara dengan konsep Pirates.

Hal tersebut juga berbeda dengan tahun 2018 lalu. Menurut Hendra, penyebab sepinya pengunjung ke Belitung disebabkan beberapa faktor. Di antaranya juga faktor harga tiket mahal dan kondisi cuaca.

“Presentasi penurunan masih sekitar 50 persen. Untuk harga hotel masih stabil diangka Rp 1,2 juta permalam. Dan untuk acara tahun baru kita ada paket perdua malam Rp 4 juta,” ungkap Hendra kepada travel.belitongekspres.co.id.

Hal yang sama juga terjadi di Bahamas Hotel. Meski tidak ada acara khusus pada malam pergantian tahun, hotelnya masih sepi. Dari fasilitas kamar yang tersedia, hanya terisi 50 persen. “Harga kita masih normal. Sekitar Rp 850 ribu permalamnya. Menjelang malam pergantian tahun kita tidak menaikkan harga,” katanya.

Editor: Yudiansyah
Reporter: Ainul Yakin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *