Kunjungan Wisman ke Belitung Naik 100 Persen

by -
Kunjungan Wisman ke Belitung Naik 100 Persen
Salah satu Guide Belitung sedang memandu Wisman asal Singapura beberapa waktu lalu di Pulau Leebong, Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Minat wisatawan mancanegara (Wisman) berkunjung ke Belitung pada tahun 2019 cukup tinggi. Bahkan mengalami kenaikan 100 persen lebih, dibandingkan tahun 2018 lalu. Hal itu diungkapkan Kepala Bea Cukai Tanjungpandan, Duki Rusnadi.

Namun Duki enggan menyebutkan berapa jumlah turis yang datang ke Belitung pada tahun 2018 maupun tahun 2019. Sebab, dia masih berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pariwisata dan Bandara HAS Hanandjoeddin.

Dikatakan Duki, pada tahun 2018 ada penerbangan langsung dari Singapura ke Tanjungpandan PP. Jumlahnya sekali terbang kadang tak sampai melebihi 50 orang. Dan di akhir 2018, maskapai tersebut berhenti beroperasi.

Lebih lanjut dijelaskan Duki, pada tahun 2019 AirAsia membuka penerbangan langsung dari Tanjungpandan-Kuala Lumpur. Alhasil, banyak Wisman dari berbagai negara berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

“Dari penerbangan itu, hampir ratusan turis dari Malaysia datang ke Belitung. Tentu perbandingannya jauh berbeda jika dibandingkan penerbangan sebelumnya,” kata Duki kepada belitongekspres.co.id, Kamis (12/12/2019) kemarin.

Meningkatnya wisatawan asing ke Belitung tak membuat jajaran Bea Cukai puas. Sebab, mereka dituntut lebih kerja keras. Hal itu dilakukan agar barang-barang yang ada kaitan dengan narkoba tidak masuk ke Belitung.

“Sangat berpotensi masuknya narkoba melalui bandara. Maka dari itu, kita harus tetap waspada dan teliti,” kata pria penghobi olahraga joging ini.

Untuk mencegah peredaran narkoba masuk ke Belitung melalui Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Bea Cukai akan menyiapkan alat canggih untuk mendeteksi keberadaan barang haram tersebut.

“Hingga saat ini kami masih belum menemukan adanya indikasi tersebut. Sejauh ini kita hanya mengamankan sejumlah barang-barang. Seperti makanan dan minuman dari luar negeri,” pungkasnya.

 

Editor: Subrata
Reporter: Ainul Yakin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *