Mahasiswa UNS Diharapkan Bisa Kembangkan Potensi Wisata di Bukulimau

by -
Mahasiswa UNS Diharapkan Bisa Kembangkan Potensi Wisata di Bukulimau

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Aktifis pecinta lingkungan Budi Setiawan berharap, 19 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS), melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Bukulimau dapat mengembangkan potensi wisata di pulau Bukulimau.

“Belitung Timur kan sekarang sedang menggalakkan bagaimana pariwisata itu bisa menjadi daya ungkit tambahan potensi yang dimiliki. Bukulimau itu pulau-pulaunya cantik, kehidupan masyarakatnya menarik. Tentunya, punya potensi menarik, untuk wisata bahari luar biasa, termasuk minat khusus seperti diving, wisata konservasi penyu, dan sebagainya,” ujar Budi Setiawan, Kamis (16/1/2020).

Sehingga dia berharap, kedatangan mahasiswa UNS ini bisa lebih memperkaya dan memperkuat potensi yang ada, ketika orang datang mendapatkan sambutan yang lebih baik, kemudian potensi yang ada itu dikemas secara terstruktur.

“Di lain sisi juga, bagaimana muncul sebuah ide-ide baru yang sangat aktivatif. Mungkin dengan kavasitas Desa selma ini tidak mampu untuk membaca itu,” ungkapnya.

Gugusan pulau-pulau di Bukulimau ini menurutnya, kalau bicara dari sudut perikanan sudah pasti. Dibalik potensi perikanan yang banyak, bagaimana bisa meningkatkan nilai tambah dari sisi yang lain.

“Dari segi wisata ini bisa menjadi daya ungkit yang sangat kuat. Contoh sederhama, disini orang mancing hanya beberapa mil itu sudah dapat ikan besar. Bayangkan, kalau orang datang buat diving di kedalaman seperti itu bisa melihat ikan-ikan besar itu secara live. Ini artinya tambahan itu akan bisa menggerakan ekonomi lebih baik lagi,” tandasnya.

Editor: Yudiansyah
Reporter: Danny Sugara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *