Sajikan Wisata Unik, Pemkab Belitung Akan Gelar Festival Ngeremis & Ngijing

by -
Sajikan Wisata Unik, Pemkab Belitung Akan Gelar Festival Ngeremis dan Ngijing
Suasana rapat persiapan Festival Ngeremis dan Ngijing, di Ruang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Rabu (05/02/2020).

travel.belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung akan menggelar Festival “Ngeremis dan Ngijing” di bibir pantai Tanjung Pendam. Festival Ngeremis dan Ngijing ini akan melibatkan Desa Tanjung Pendam, Air Saga dan sekitarnya, serta akan dilaksanakan tanggal 7 hingga 8 Maret 2020.

Menurut Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, semua festival yang diselenggarakan di tahun 2020 ini dimulai dengan kearifan lokal. Seperti diantaranya Ngerapak Durin dan Festival Rambutan Fiesta yang melibatkan masyarakat desa Kembiri dan Desa Ibul.

“Kita akan bikin Festival Ngeremis dan Ngijing melibatkan masyarakat dan wisatawan. Kita akan bikin di tanggal 7 dan 8 maret 2020, di posisi air yang surut sore hari,” katanya kepada travel.belitongekspres.co.id, setelah menggelar rapat persiapan Festival Ngeremis dan Ngijing, Rabu (05/02/2020).

Isyak berharap fastival ini mengundang daya tarik besar hingga melibatkan ratusan orang yang berasal dari peserta dan penonton. Disebutkannya pula bahwa even terbuka untuk masyarakat, karena ada berbagai macam lomba yang dilaksanakan. Lomba-lomba tersebut diantaranya lomba cepat serta paling banyak ngeremis dan ngijing di area yang telah ditentukan, lomba menghias “terindak”, lomba membuat souvenir dari kulit keremis, ada pula lomba mengolah kijing dan keremis menjadi makanan yang paling enak. Selain itu ada lomba melukis dan mewarnai untuk anak-anak yang bertemakan kijing dan keremis.

“Kita belum tahu siapa yang hadir, tapi Pemerintah selalu menyediakan ruang festival untuk diinformasikan kepada semua pelaku wisata, agar memasukannya ke itenarary mereka. Tawaran paket kalian sehingga wisatawan mau datang,” pesannya kepada parabiro perjalanan wisata Belitung.

Isyak memiliki pandangan, wisatawan jangan hanya disuguhkan pantai dan pantai. Tapi, hal semacam Festival Ngeremis dan Ngijing merupakan pengalaman pariwisata bagi wisatawan.

“Orang punya aktivitas merasakan pengalaman ngijing. Di Malaysia dan Jakarta tidak ada ngijing dan ngeremis. Di sini bisa dan free. Kalau mereka tidak membawa perlengkapan nanti bisa beli paket yang disediakan pihak ketiga,” paparnya.

Sedangkan untuk keamanan festival tersebut, imbuh Isyak, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Kepolisian, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung. (dod)

Editor: sue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *