Suak Gual Gelar Syukuran Atas Perolehan Hasil Laut

by -
Suak Gual, Kecataman Selat Nasik Belitung Gelar Syukuran Atas Perolehan Hasil Laut
Suak Gual, Kecataman Selat Nasik Belitung Gelar Syukuran Atas Perolehan Hasil Laut
Kik Dukun Sholihin saat menyirami kapal nelayan dengan kesalan dalam menggelar ritual syukuran di Suak Gual, Minggu (17/11) kemarin.

travel.belitongekspres.co.id, SELATNASIK – Warga Suak Gual ungkapkan rasa syukur dengan menggelar selamatan kampong (Festival Suak Gual 2019). Berbagai kegiatan dilaksanakan di Tanah Tambun, Suak Gual, Minggu (17/11) kemarin.

Di antaranya ritual bersih kapal nelayan dengan menggunakan tepung tawar dan daun temiyang berani. Selain itu, masyarakat juga menampilkan kesenian dan budaya Belitong dari mulai Tari Selamat Datang hingga Makan Bedulang.

Sejumlah doa dipanjatkan, dalam kegiatan yang dihadiri tokoh perdukunan di Belitong, Mukti Maharip, masyarakat berharap setelah kegiatan ini usahanya dalam menangkap ikan diberi kelancaran.

Kepala Desa Suak Gual, Yusuf Kamaludin, mengatakan, ritual ini merupakan bentuk rasa syukur dilakukan oleh warganya atas apa yang dicapai selama setahun dalam mencari ikan. “Dalam semusim mereka bekerja mencari ikan. Tentunya banyak yang diperoleh dari hasil tangkapannya. Bahkan dari hasil kerjanya, nelayan sini bisa membeli mobil,” kata Yusuf kepada travel.belitongekspres.co.id.

Pada saat melakukan ritual, sejumlah tokoh dan dukun adat menyirami kapal-kapal nelayan dengan kesalan. Setelah disirami, kapal tersebut dilarang melaut selama tiga hari. “Selain menggelar ritual, kami juga menyajikan budaya khas melayu. Seperti tari selamat datang dan makan bedulang. Tujuannya untuk menjaga kelestarian budaya daerah yang mulai pudar,” ungkap Yusuf.

Tahun depan, Yusuf berharap kegiatan akan kembali dilaksanakan. Tentunya dengan konsep-konsep yang lebih menarik. Tujuannya agar Festival Suak Gual 2020 dapat menarik wisatawan luar untuk berkunjung ke Selat Nasik. “Selain di sektor perikanan, desa kami juga merambah ke sektor pariwisata. Beberapa tempat sudah kita siapkan untuk menjadi destinasi tujuan wisata,” pungkasnya.

Sementara itu, Anis, salah satu warga Tanjungpandan mengaku rela menempuh perjalanan jauh untuk menyaksikan agenda tahunan di Selat Nasik. menurutnya acara tersebut sebagai wadah untuk menjalin tali silaturrahmi.

“Kami punya saudara di sini. Selain melihat festival, juga bersilaturrahmi. Saya berharap, kegiatan seperti ini terus dilaksanakan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Belitung,” kata wanita berjilbab tersebut.

(kin | travel.belitongekspres.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *